Selasa, 02 Juni 2015

Membangun Karekter Kesuksesan

 Karekter Kesuksesan
Ada keterkaitan yang erat antara karakter dan kesukesan. Kita tidak dapat memisahkan keduanya. Seseorang akan meraih kesuksesan, jika sebelumnya ia membangun karakter menjadi lebih positif.
Realitanya hampir semua orang berpandangan bahwa kesuksesan itu dapat dilihat dari harta yang dimiliki seseorang. Namun seandainya seseorang mampu memenuhi kemewahan hidup, lalu dapat dianggap sukses, apakah anda masih menganggap mereka sukses jika uang yang mereka peroleh berasal dari hasil korupsi, memeras, merampok, mengorganisir premanisme, dan perbuatan jahat lainnya?
Ada sebuah kekuatan alamiah di dalam diri kita yang sangat menentukan apakah kita akan berhasil meraih kesuksesan atau tidak, itulah karakter. Pada abad ke-19, seorang sejarawan Irlandia, William Edward Lecky mengatakan:

“One of the most important lessons that experience teaches is that, on the whole, success depends more upon character that upon either intellect of fortune.
— Salah satu pelajaran berharga mengajarkan kita bahwa secara keseluruhan kesuksesan tergantung pada karakter, daripada kecerdasan maupun keberuntungan.”

Jika karakter menjadi satu hal terpenting untuk meraih kesuksesan di masa depan, lalu karakter seperti apakah itu? Ada banyak karakter positif yang perlu anda kembangkan terlebih dahulu di saat anda ingin membangun kesuksesan. Di antaranya adalah tiga karakter berikut ini:

1. Kesabaran dan kerendahan hati
Setiap orang perlu memiliki karakter yang sabar, tetapi tidak semua orang lahir dengan bawaan karakter penyabar. Dalam situasi yang tidak terduga, kita membutuhkan kesabaran untuk dapat melihat kesulitan dari sudut pandang yang lebih positif. Kesabaran juga akan membantu kita memperoleh solusi dan hasil yang lebih memuaskan.

Kerendahan hati adalah karakter yang sangat penting. Kerendahan hati akan menjauhkan seseorang dari musuh, mencegah kecemburuan, dan ketegangan dengan orang lain, serta menciptakan loyalitas dengan sesama rekan maupun bawahan.

Jika anda tidak cukup rendah hati, itu akan menyebabkan perpecahan dalam tim dan tidak akan ada orang yang suka atau membantu orang yang sombong, meskipun ia memiliki semua kualitas ideal.
Asahlah kedua karakter tersebut karena sangat kita perlukan untuk membangun hubungan yang baik dengan orang-orang di sekeliling kita, dalam lingkup pekerjaan maupun kehidupan sosial masyarakat. Kesabaran dan kerendahan hati akan sangat berguna untuk meraih simpati dan dukungan orang lain. Hubungan yang luas dan baik dengan banyak orang akan memudahkan anda memperoleh informasi penting dan anda perlukan, bahkan mendapatkan jalan yang lebih mudah untuk mewujudkan impian anda. Ingat bahwa orang-orang paling sukses di dunia mampu bekerja dengan sangat efektif dan sukses karena mereka didukung oleh banyak orang, dan mereka bukan bekerja sendiri.

2. Kegigihan dan keberanian
Kehidupan ini tidak selalu memberikan apa yang kita inginkan dan butuhkan. Kita harus berusaha terlebih dahulu agar kebutuhan dan keinginan kita terpenuhi. Proses juga tidak selalu berjalan mulus, butuh kegigihan dan keberanian untuk menghadapi setiap tantangan dan terus berusaha hingga berhasil. Kegigihan dan keberanian adalah kunci kesuksesan, karena keduanya membuat anda melihat peluang dan harapan. Lalu Anda kembali termotivasi untuk meningkatkan kemampuan dan berjuang hingga sampai ke tujuan. Keduanya juga akan mendorong anda memikirkan terobosan baru dan berusaha lebih keras untuk mencapai tujuan dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

3. Keimanan
Landasi karakter anda dengan kekuatan iman sesuai dengan agama yang anda anut. Sebab selama anda memiliki keimanan yang kuat dan berpegang teguh pada nilai-nilai agama yang murni, maka langkah-langkah anda akan lebih bijaksana, positif, dan penuh integritas. Sejauh apa pun impian dan langkah anda mengejar kesuksesan yang anda dambakan, kekuatan iman akan menjaga anda agar tidak tersesat.

Berhati-hatilah terhadap godaan dan tantangan di dunia yang serba materialis dan individualis. Bagi orang yang tidak kuat iman, tantangan maupun godaan yang datang bertubi-tubi akan membuat mereka tergelincir dalam kesalahan dan jurang kesulitan yang luar biasa. Jangankan kesuksesan, kebebasan dan nama baik pun lenyap karena keserakahan dan tindakan mereka yang melanggar nilai-nilai moral dan spiritual. Oleh sebab itu, bekali diri dengan nilai-nilai spiritual dan selalu berusaha menjalankan nilai-nilai spiritual tersebut dengan baik.

Kesuksesan dapat anda tempuh dengan pendidikan yang tinggi dan kemampuan yang mumpuni. Kesuksesan juga dapat anda capai dengan kerja keras di bidang yang anda tekuni. Tetapi kesuksesan yang dicapai tanpa karakter positif, tidak akan bertahan lama dan bahkan menjadi bumerang kehancuran nama baik dan juga masa depan anda sendiri.

Modal pendidikan, uang, kemampuan, dan keterampilan lainnya memang penting, tetapi karakter mental yang positif adalah modal terpenting untuk mendapatkan kesuksesan jangka panjang. Apa yang diuraikan di atas adalah tiga karakter yang perlu anda kembangkan dan masih banyak lagi. Intinya, jangan pernah berhenti membangun karakter mental positif sampai kapan pun dan dalam situasi apa pun.

Misalnya, anda belum memiliki harta atau pekerjaan yang baik, berusahalah dengan jujur, tekun, penuh komitmen, dan tanpa pamrih. Suatu ketika anda pasti menemukan keberhasilan. Tetapi jika anda sudah sukses, bangunlah karakter positif anda dengan memberikan dukungan bagi orang lain agar meraih kesuksesan. Pasti sangat memuaskan jika anda berada di puncak kesuksesan, tetapi anda masih tetap rendah hati, sabar, ulet, dan beriman.

Waspadai perubahan karakter, misalnya menjadi serakah, korup, sombong, atau karakter negatif lainnya. Hindarilah sejauh mungkin semua karakter negatif, karena suatu ketika pasti akan merugikan dan menyebabkan kegagalan pada diri anda sendiri. Pertahankan dan tingkatkan karakter mental anda agar tetap positif, karena itulah kunci meraih kesuksesan yang dihargai banyak orang dan bertahan selamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar