Jumat, 19 Juni 2015

Sumber Motivasi

Sumber Motivasi.

Motivasi adalah alasan seseorang untuk melakukan sesuatu aksi atau tindakan, sehingga orang-orang yang tidak beraksi atau bertindak, sering kali kita sebut tidak memiliki motivasi. Motivasi ini bisa muncul dari dalam diri kita ataupun dari luar diri kita.
Adapun sumber-sumber motivasi pada diri kita adalah :
  1. Allah SWT, merupakan sumber motivasi dari luar diri dan merupakan sumber motivasi yang paling tinggi dalam diri kita dan biasanya sumber motivasi dari Robb, memiliki kekuatan yang besar dan sangat luar biasa. Allah SWT adalah sumber motivasi yang tidak akan habis, jika kita selalu menjalin hubungan dan melaksanakan apa yang Dia inginkan. Dengan menyerahkan seluruh persoalan dan mencari solusi dengan Allah SWT sebagai penunjuk jalan pemecahan persoalan, maka semua ada jalan keluarnya.
  2. Diri sendiri, Seringkali kita kehilangan motivasi dari dalam diri kita. Yang membuat semangat menjadi kendur. Banyak faktor yang membuat hilang motivasi. Tapi banyak sumber motivasi juga yang bisa kita dapat lagi.
    Salah satu sumber motivasi adalah meragukan kemampuan kita. Orang lain mengatakan bahwa mereka ragu bahwa kita bÍsa sukses, ragu bisa melewati cobaan, ragu akan kemampuan dan semua segala jenis ragu.
    Tentunya ini bisa menjadi sumber motivasi kita karena dengan adanya kritik, kita tahu kesalahan kita secara gratis dan eksklusif. Berarti orang itu perhatian dengan kita. Berarti masih banyak orang peduli dengan kita. Walau dengan cara yang tidak baik.
    Yang jelas, kita ubah mindset kita. Mindset bahwa semua yang menghalangi, membebani, merusak dan menjatuhkan kita, adalah cara Tuhan membentuk pribadi kita menjadi lebih baik. Tidak ada yang tidak baik yang Tuhan berikan ќε kita. Hanya mindset kita saja yang perlu diubah.
    dimana keputusan dalam mencapai sesuatu yang kita inginkan berada di tangan kita. Didalam diri manusia, tinggal kekuatan yang sedang tidur, kekuatan yang dapat mencengangkan orang yang memilikinya, yang tidak pernah dia impikan bahwa selama ini dia ternyata memilikinya. Untuk membangun kekuatan itu terserah pada diri kita, kembangkan bakat..carilah..galilah..temuilah. Saya sudah sukses, minimal bagi diri saya sendiri.

  3. Orang Sholih, seperti guru, orang tua atau siapa saja yang sudah jelas kesholihannya.  ,  yang banyak memberikan motivasi-motivasi membangun pada diri kita. Bergaul dengan orang bijak, akan membuat kita semakin bijak. Bergaul dengan orang sukses, akan membuat kita sukses, karena kita bisa belajar kepada diri mereka. Jika anda ingin menjadi pemimpin, bergaulah dengan pemimpin.
  4. Lingkungan yang Kondusif jika kita tinggal disebuah lingkungan banyak orang-orang baik, mudah sarana hidup yang bisa kita manfa'atkan, banyak fasilitas umum yang murah, dan cepat bisa kita manfa'atkan, maka disitulah akan senantiasa menjaga motivasi kita untuk bisa tumbuh dan berkembang.
  5. Membaca buku, dimana pada saat ini banyak buku-buku motivasi yang sangat bagus dan dikarang oleh orang-orang yang ahli. Banyaklah membaca buku yang dapat memotivasi kita untuk menjadi lebih baik.
Sumber-sumber ini yang dapat memberi motivasi kepada diri kita, untuk menjadi lebih baik lagi dari yang sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar