Rabu, 12 Desember 2012

DPR Plesir ke Brasil

TEMPO.CO, Jakarta - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menyesalkan sikap keras kepala anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang terus berkukuh mengadakan studi banding ke luar negeri, di tengah derasnya kritik publik. Kali ini, Komisi VII DPR berencana melawat ke Brasil dan Amerika Serikat untuk mengamati kebijakan antariksa di sana.

"Kepada DPR, kami mengucapkan selamat berlibur dan bersenang-senang di atas penderitaan orang-orang miskin," kata Kordinator investigasi dan advokasi FITRA, Uchok Sky Khadafi, Rabu, 12 Desember 2012

Fitra mencatat anggaran studi banding Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat ke Brasil dan Amerika Serikat bakal menghabiskan dana Rp 2,89 miliar. Anggaran tersebut terdiri dari Rp 1,91 miliar untuk kunjungan ke Brasil dan Rp 975,7 juta untuk kunjungan ke AS.

"Jadi 13 anggota DPR akan menghambur-hambur anggaran sebesar Rp 1,78 miliar selama tujuh hari di Brasil," kata Uchok. Kunjungan ini dinilai tak sesuai dengan rekomendasi pemerintah.

Menurut Uchok, alokasi anggaran ke Brazil banyak dihabiskan untuk ongkos pesawat. Tiket pesawat kelas eksekutif untuk 13 orang anggota Dewan ke Brasil misalnya, menghabiskan biaya Rp 1,4 miliar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar